MATERI
LAYANAN PENGUASAAN KONTEN
QUANTUM LEARNING
O
L
E
H
ADRI
HERMAWAN
33.12.3.036
BIMBINGAN
KONSELING ISLAM 2 / SEMESTER V
FAKULTAS ILMU
TARBIYAH DAN KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI
2014/2015
A.
PENGERTIAN
LAYANAN KONTEN
Layanan penguasaan konten adalah bantuan
yang diberikan kepada individu untuk menguasai kemampuan atau
kompetensi (konten) tertentu melalui kegiatan belajar.
Kompetensi adalah kualitas seseorang atau kecocokan
seseorang yang bisa ditampilkan untuk keperluan tertentu.Layanan ini
merupakan istilah baru dari layanan pembelajaran yang telah
diartikan seperti pengajaran yang dilakukan oleh guru.
B.
TUJUAN
LAYANAN KONTEN
Tujuan Umum
Layanan Konten: agar terkuasainya konten atau kompetensi tertentu serta
menambah pemahaman, mengarahkan sikap dan kebiasaan tertentu, memenuhi
kebutuhan dan mengatasi masalahnya.
Tujuan Khusus Layana Konten:
1. Fungsi
pemahaman
Memahami
konten/kompetensi yang diperlukan.
2. Fungsi
pencegahan
Konten yang dipelajari akan mengarahkan individu kepada terhindarinya dari
masalah
3. Fungsi
pengentasan
Penguasaan
konten diarahkan untuk mengatasi masalah yang sedang dialami
4.
Fungsi pengembangan dan pemeliharaan
Penguasaan konten akan m engembangkan individu dan memelihara
potensi yang dimilikinya.
5.
Fungsi advokasi
Individu
dapat membela diri terhadap ancaman atau pelanggaran terhadap
hak-haknya.
C.
JUDUL
MATERI LAYANAN KONTEN
Materi
layanan konten dalam bidang pendidikan adalah “Quantum Learning”.
D.
TUJUAN
MATERI LAYANAN ORIENTASI
Tujuan
materi adalah guru dapat menumbuhkan minat dan cara belajar yang menyenangkan efektif dan efisien
kepada para siswa.
QUANTUM LEARNING
A. Pengertian
1.
Pengertian
Belajar
Belajar adalah proses
perubahan tingkah laku yang terjadi pada diri seseorang dari tidak tahu menjadi
tahu, merupakan kegiatan berproses dan merupakan unsur yang fundamental dalam
setiap jenjang pendidikan. Dalam keseluruhan proses pendidikan, kegiatan
belajar merupakan kegiatan yang paling pokok dan penting dalam keseluruhan
proses pendidikan
Belajar adalah salah satu proses atau usaha yang dilkukan oleh setiap
individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku baik dalam bentuk
pengetahuan, keterampilan maupun sikap dan nilai positif sebagai pengalaman
untuk mendapatkan sejumlah kesan dari bahan yang telah dipelajari.
2. Quantum
Learning
Quantum learning adalah metode pembelajaran yang menggabungkan rasa
percaya diri, keterampilan belajar, dan keterampilan berkomunikasi dalam
lingkungan yang menyenangkan.
Quantum learning merupakan kiat, petunjuk, strategi dan seluruh
proses belajar yang dapat mempertajam pemahaman dan daya ingat, serta membuat
belajar sebagai suatu proses yang menyenangkan dan bermanfaat.
Prinsipnya ialah bahwa sugesti dapat dan mampu mempengaruhi hasil
situasi belajar, dan setiap detil apa pun memberikan sugesti positif atau
negatif. Untuk mendapatkan sugesti positif, beberapa teknik digunakan. Paea
murid dikelas dibuat menjadi nyaman. Musik dipasang, partisifasi mereka didorong
lebih maju, video ditampilkan dan lain-lain.
B. Manfaat Quantum Learning
Dengan quantum learning akan menghasilkan manfaat :
1.
Bersikap
positif
2.
Meningkatkan
motivasi
3.
Keterampilan
belajar seumur hidup
4.
Kepercayaan
diri
5.
Sukses
atau hasil belajar yang meningkat
C. Langkah-langkah pelaksanaan Quantum Learning
Langkah-langkah dalam melaksanakan quantum learning adalah :
1.
Kekuatan
Ambak (Apa Manfaat Bagiku)
Ambak adalah motivasi yang
didapat dari pemilihan secara mental antara manfaat dan akibat-akibat suatu
keputusan
2.
Penataan
Lingkungan Belajar
Dalam proses belajar dan mengajar diperlukan penataan lingkungan
yang dapat membuat siswa merasa aman dan nyaman, dengan perasaan aman nyaman
ini akan menumbuhkan konsentrasi belajar siswa yang baik
3.
Memupuk
sikap juara
Perlu
dilakukan untuk lebih memacu dalam belajar siswa , dengan memberikan pujian dan
perayaan maupun hadiah.
4.
Bebaskan
gaya belajar
Dalam
belajar terdapat gaya belajar visual, auditorial, kinestetik.
5.
Membiasakan
mencatat
Belajar akan benar-benar dipahami sebagai aktifitas kreasi ketika
siswa tidak hanya bisa menerima, melainkan bisa mengungkapkan kembali apa yang
didapatkan menggunakan bahasa hidup dengan cara dan ungkapan sesuai gaya belajar
siswa itu sendiri. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan symbol-simbol
dalam tulisan
6.
Membiasakan
membaca
Salah satu aktifitas yang penting adalah membaca. Karena dengan
membaca akan menambah pembendaharaan kata, pemahaman, menambah wawasan dan daya
ingat akan bertambah.
7.
Jadikan
anak lebih kreatif
8.
Melatih
kekuatan memori
D. TEKNIK LAYANAN ORIENTASI
Teknik layanan yang digunakan adalah Partisipasi:
melibatkan diri secara langsung dalam suasana dan
kegiatan, mencoba, mengalami sendiri.
E. RANGKUMAN
Quantum
learning merupakan kiat, petunjuk, strategi dan seluruh proses belajar yang
dapat mempertajam pemahaman dan daya ingat, serta membuat belajar sebagai suatu
proses yang menyenangkan dan bermanfaat.
F. EVALUASI
Dengan
memahami apa sebenarnya dan bagaimana yang dikatakan dengan quantum learning,
maka seorang siswa harus bisa mengaplikasikannya ke dalam kehidupan
sehari-harinya dalam belajar, dan juga ini menjadi strategi yang harus bisa
dimaksimalkan guru dengan belajar agar lebih menyenangkan efektif dan efisien
supaya mendapatkan hasil yang maksimal.
0 komentar:
Posting Komentar